Makna Di balik Text Sumpah Pemuda

SUMPAH PEMUDA

DI BALIK KATA “SUMPAH PEMUDA”

·        Kami puta-putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
Dalam butir satu ini, pemuda Indonesia telah berjanji dengan penuh kesadaran bahwa tanah air ini adalah tanggung jawab mereka. Mereka akan melakukan apa saja demi langgengnya tanah air ini. Meskipun mereka harus menanggung malu, merasa sakit, bahkan berujung kematian. Namun mereka melakukannya penuh rasa ikhlas dan tanggung jawab demi utuhnya tanah air tercinta ini, Indonesia.

·        Kami putra-putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
Persatuan bangsa Indonesia sangat diperlukan dalam menghadapi segala ancaman, tantangan, halangan, dan gangguan yang datang dari luar maupun dalam negeri. Pemuda Indonesia sangat paham dengan hal tersebut. Meskipun mereka berasal dari suku, agama, dan ras yang berbeda dan mempunyai budaya yang berbeda pula, tapi mereka berkeyakinan bahwa segala perbedaan tersebut bisa dipersatukan. Dengan saling menghormati satu dengan yang lainnya, persatuan Indonesia segera akan terwujud dan mereka siap untuk melakukan hal tersebut.

·        Kami putra-putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Untuk mewujudkan persatuan Indonesia demi pertahanan tanah air, semua bangsa ini harus bersatu tanpa terhalang sekat-sekat perbedaan, termasuk bahasa. Para pemuda Indonesia sangat sadar dengan hal tersebut. Mereka yakin bahwa dengan membuka sekat-sekat perbedaan bahasa dengan menyatakan bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia, bangsa ini akan bisa maju dan bisa berkembang seperti negara-negara lain. Bahasa Indonesia mereka pilih karena bahasanya cocok dengan kultur masyarakat Indonesia yang heterrogen.  

 Kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia harus bangga dengan bangsa kita sendiri. Kita juga harus yakin dan berusaha semampu kita untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Selamat Hari Sumpah Pemuda 2013!!!!!
Mari kita melanjutkan pembangunan negeri ini demi terciptanya kemakmuran dan kesejahteraan bangsa!!!!

SUMPAH PEMUDA
http://jalilafandi.blogspot.com/2013/10/sumpahpemuda.html?m=1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s