Alat ukur gula darah tanpa jarum, menggunakan cahaya

Peneliti Temukan Alat Ukur Gula Darah Gunakan Cahaya dan Tanpa Jarum

Ajeng Annastasia Kinanti – detikHealth

ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta – Penyandang diabetes atau diabetesi yang harus selalu rutin melakukan pengukuran kadar gula darah kini bisa bergembira. Peneliti dari Jerman telah menemukan alat pengukur kadar gula darah terbaru menggunakan cahaya, sehingga diabetesi tak perlu lagi tertusuk jarum setiap kali akan memeriksa kadar gula darah.
Dilaporkan dalam jurnal Review of Scientific Instruments, alat ini memanfaatkan penggunaan sinar laser inframerah dan dapat mengukur kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 1 dan 2. Hebatnya lagi, alat ini sama efektifnya seperti alat pengukur gula darah dengan jarum yang selama ini dipakai.
“Ini memungkinkan pasien diabetes bisa mengukur kadar gula darah mereka tanpa penusukan dan tanpa strip tes,” kata pemimpin peneliti, Werner Mäntele, dari Frankfurt Institut für Biophysik, Johann Wolfgang Goethe-Universität, Jerman.
Para peneliti mengembangkan alat ini dengan tujuan agar pemeriksaan gula darah bisa dilakukan dengan lebih mudah, tepat, dan murah, dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Perangkat baru ini menggunakan photoacoustic spectroscopy (PAS) atau fotoakustik spektroskopi untuk mengukur glukosa dengan penyerapan cahaya inframerah.
Tanpa rasa sakit, sinar laser yang diarahkan pada kulit bagian luar ini akan terserap oleh molekul glukosa dan menciptakan tanda suara yang terukur. Tanda ini disebut oleh tim Mäntele sebagai ‘melodi glukosa’.
“Sinyal ini memungkinkan peneliti untuk mendeteksi glukosa dalam cairan kulit dalam hitungan detik,” ungkap Mäntele, seperti dikutip dari News Max Health, Rabu (30/10/2013).
Para peneliti berharap bisa terus mengembangkan alat berukuran kotak sepatu kecil ini dalam 3 tahun ke depan, yang kemudian akan dilanjutkan dengan pengembangan ‘glucometer portable’ beberapa tahun sesudahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s