Mari berpuasa tanggal 9 dan 10 Muharram

Sebentar lagi kita akan memasuki tanggal 10 Muharram, dimana pada tanggal tersebut dikenal juga dengan hari ‘Asyura. Kata ‘Asyura sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya hari ke sepuluh di bulan Muharram.

  
Nabi Muhammad SAW biasa berpuasa pada hari ‘Asyura dan memerintahkan umatnya untuk melakukan hal serupa, sebagiamana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang artinya : 

“Tatkala Nabi shalallaahu ‘alaihi wassalam datang ke Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi melakukan puasa di hari ‘Asyura. Beliau shalallaahu ‘alaihi wassalam bertanya, “Hari apa ini?”. Orang-orang Yahudi menjawab, “Ini adalah hari baik, pada hari ini Allah selamatkan Bani Israil dari musuhnya, maka Musa alaihis salam berpuasa pada hari ini. Nabi shalallaahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Saya lebih berhak mengikuti Musa dari kalian (kaum Yahudi). Maka beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan ummatnya untuk melakukannya”. (HR. Al Bukhari)

Puasa di hari ‘Asyura ini sepertinya sudah menjadi kebiasaan Nabi SAW dan telah dilakukan sejak awal kenabian. Hal ini tersirat dari hadits berikut.

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِصِيَامِ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانَ كَانَ مَنْ شَاءَ صَامَ وَمَنْ شَاءَ أَفْطَرَ

Dan dari Aisyah radhiallahu anha, ia mengisahkan :

“Dahulu Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam memerintahkan untuk puasa di hari ‘Asyura. Dan ketika puasa Ramadhan diwajibkan, barangsiapa yang ingin (berpuasa di hari ‘Asyura) ia boleh berpuasa dan barangsiapa yang ingin (tidak berpuasa) ia boleh berbuka”. (HR. Al Bukhari No 1897)

Dengan demikian setelah diwajibkannya puasa Ramadhan, maka puasa Muharram di hari ‘Asyura menjadi sunnah hukumnya. Sebelumnya Rasulullaah SAW sangat menekankan (seperti mewajibkan) agar kaum muslimin berpuasa di hari ke sepuluh bulan Muharram itu.

Dalam hadits lain Nabi SAW menekankan keutamaan puasa ‘Asyura ini, yang artinya : 

Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah (puasa) di bulan Allah (bulan) Muharram,… [HR Muslim]

Keutamaan lain puasa ‘asyura (10 Muharram) adalah bisa menghapus dosa-dosa setahun yang telah lewat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

Dari Abu Qatadah RA, Rasululllah SAW ditanya tentang puasa hari ‘Asyura, beliau bersabda: ”Puasa itu bisa menghapuskan dosa-dosa (kecil) pada tahun sebelumnya.”(HR Muslim 2/818-819)

Pelaksanaan puasa Muharram atau ‘Asyura sebagaimana tersirat pada arti kata ‘asyura adalah pada 10 Muharram. Namun ada satu hadits yang menyatakan bahwa Nabi SAW akan melaksanakan puasa ini dimulai dari tanggal 9 Muharram untuk membedakan dengan puasa yang dilakukan orang-orang Yahudi dan Nashrani yang pada saat itu merayakan hari ‘Asyura.  Namun hal ini belum sempat dilakukan oleh Nabi SAW karena sebelum Muharram tahun berikutnya Rasululloh SAW telah wafat. Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya :

“Jikalau masih ada umurku tahun depan, aku akan berpuasa tanggal sembilan (Muharram)” [HR Muslim]

Di hadits lain dari Ibnu Abbas RA juga, Rasulullah SAW bersabda yang artinya :

“Puasalah kalian pada tanggal sembilan dan sepuluh, bedakanlah dari orang-orang Yahudi.”  (HR. Muslim).

Sebagian ulama menganjurkan agar puasa bulan Muharram ini berbeda dengan kebiasaan orang Yahudi dan Nashrani maka dilaksanakan 2 hari yaitu tanggal 9 dan 10 Muharram. Dimana pada tanggal 10 Muharram merupakan kebiasaan puasa Nabi SAW sebelumnya dan tanggal 9 Muharram sebagai sebagai pembeda sesuai dengan hadits di atas.

One thought on “Mari berpuasa tanggal 9 dan 10 Muharram

  1. Pingback: Mari berpuasa besok Rabu dan Kamis, tanggal 9 dan 10 Muharram | Abdul Aziz Efendy's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s