Psikiater dan Jenis Profesinya

Pengertian Psikiater dan Jenis Profesinya

Ilustrasi pengertian psikiater

Psikiater identik dengan pasien sakit jiwa. Berbeda dengan psikolog yang hanya membuka konsultasi persoalan kejiwaan yang belum akut, psikiater menangani klien yang sudah berada pada taraf sakit jiwa dengan pendekatan psikologis dan medis. Dalam praktiknya, psikiater memberikan penanganan pada pasien dengan memberikan obat-obatan anti-depresan. 

Psikiater memang profesi yang terbilang langka di negeri ini. Hal itu karena ada semacam pemisah keilmuan, yang digusur pada ilmu fisik dan jiwa. Kedua pemisahan tersebut terjadi sehingga ilmu kedokteran merasa tidak perlu mengobati aspek kejiwaan pasien. Sedangkan, para psikiater dengan pengetahuan ihwal ilmu fisik menangani pasien dengan dua pendekatan. Pengobatan medis dan pengobatan psikologis alias terapi.

Pengertian Psikiater

Psikiater adalah dokter yang mempelajari ilmu jiwa. Mereka memiliki gelar dokter, tetapi mempelajari dan memperdalam ilmu kejiwaan. Psikiater juga biasanya adalah seorang dokter (S1) yang meneruskan pendidikannya di bidang psikiatri pada jenjang S2. Dalam bahasa sederhana, psikiater adalah dokter jiwa karena selain menguasai ilmu-ilmu medis, dia juga menguasai ilmu kejiwaan. 

Psikiater mengobati pasiennya yang punya masalah kejiwaan dengan memberikan obat. Sebab, beberapa penyakit jiwa bisa jadi disebabkan oleh keadaan tubuh yang sedang tidak sehat, yang bisa disembuhkan atau dikurangi dengan mengobati organ tubuh yang berhubungan dengan gejala kejiwaan yang sedang diderita.

Untuk menjadi seorang psikiatri tidaklah mudah. Dia harus terlebih dahulu menyelesaikan jenjang pendidikan kedokteran pada Strata 1 (S1). Setelah mendapatkan gelar “dr”, dia dapat melanjutkan pendidikan untuk menjadi seorang psikiatri dengan mengambil konsentrasi Psikiater (S2). Ketika seseorang dapat menyelesaikan jenjang S2 ini, secara konstitusional dapat membuka praktik sebagai dokter jiwa, yang mengobati pasien-pasien sakit jiwa secara leluasa.

Pengobatan Penyakit Jiwa

Pasien yang datang kepada psikiater sejatinya memiliki keluhan-keluhan kejiwaan yang parah. Berbagai penyakit jiwa, seperti depresi akut, skizofrenia, retardasi mental, dan sebagainya dapat mendatangi psikiater. Berikut ini bekal yang harus dimiliki oleh seorang psikiater.

Ada pasien mengidap penyakit jiwa yang berobat. 
Menaati aturan pemberian obat-obat medik sesuai kebutuhan. 
Tidak membocorkan rahasia pasien. 
Mengobati penyakit jiwa hingga tuntas. 
Memiliki kesabaran yang kontinu.  
Menaati etika profesi psikiater.    
Dengan mengetahui gejala-gejala kejiwaan, tentunya kita akan lebih mengetahui kapan untuk pergi ke psikiater. Sehingga, sakit yang lebih parah dapat diminimalisasi. Ingat pepatah bahwa sedia payung sebelum hujan. Maka, sebegitunyalah seharusnya seorang manusia dalam mengurus badan dan jiwanya.

Dalam pandangan WHO, disebutkan juga bahwa kesehatan itu mencakup badan, sosial, jiwa, dan agama. Oleh karena itu, di samping mengobati penyakit-penyakit fisik, kita seyogianya mengetahui penyakit jiwa dan melakukan konsultasi sebelum penyakit itu berubah menjadi lebih merugikan diri kita.

Psikiater Job Description

Seorang psikiater adalah seorang dokter yang membantu untuk mengobati gangguan mental dari pasien. Artikel ini memberikan informasi mengenai deskripsi psikiater pekerjaan dan tugas dasar yang dilakukan oleh psikiater.

Psikiater profesional medis yang menganalisa, mendiagnosa dan mengobati gangguan mental. Seorang psikiater tidak harus bingung dengan psikolog, karena kedua para profesional memiliki persyaratan pendidikan yang sama sekali berbeda dan mengatur tugas untuk melakukan. Seorang psikolog memperlakukan gangguan mental dengan konseling medis dan tidak dapat meresepkan jenis obat. Seorang psikiater namun dapat resep obat tertentu untuk merawat pasien. Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang deskripsi pekerjaan psikiater, mari kita lihat persyaratan pendidikan untuk menjadi seorang psikiater.

Persyaratan Pendidikan

Menjadi seorang psikiater tidak begitu mudah, karena mencakup studi ekstensif dan penelitian. Jika seseorang ingin mengejar karir sebagai psikiatri, maka perencanaan harus dimulai pada hari-hari sekolah tinggi itu sendiri. Untuk mencapai pengakuan di sekolah kedokteran, mahasiswa harus mendapatkan gelar sarjana. Biasanya gelar sarjana yang berisi psikologi, biologi dan kimia sebagai mata pelajaran utama lebih disukai. Kemudian, siswa harus belajar di sekolah kedokteran selama 4 tahun. Penyelesaian pendidikan sekolah medis diikuti dengan satu tahun magang dan kemudian pelatihan tiga tahun di sebuah rumah sakit perumahan. Kemudian, siswa dapat memperoleh pendidikan lanjutan dalam bidang khusus. Akhirnya, mahasiswa psikiater harus muncul untuk ujian pemerintah untuk mendapatkan izin praktek sebagai psikiater bersertifikat profesional.

Telah diamati bahwa ribuan siswa mencoba untuk menjadi psikiater tapi hanya beberapa dari mereka yang bisa berhasil. Hal ini karena membutuhkan banyak bakat, kerja keras dan ketekunan untuk menjadi seorang psikiater. Karena meningkatnya permintaan untuk para profesional medis, gaji kejiwaan telah melihat tren yang berkembang. Menurut pakar industri, permintaan untuk psikiater diperkirakan akan tumbuh terus selama tahun-tahun mendatang.

Psikiater memiliki pilihan untuk bekerja di pemerintah maupun swasta menjalankan rumah sakit atau mulai praktek independen mereka. Dokter ini memainkan peran penting dalam memecahkan masalah kejiwaan: baik sederhana seperti membantu pasien menghilangkan fobia dan beberapa seperti untuk mengobati pasien gangguan kepribadian ganda yang kompleks itu. Jasa yang diberikan oleh spesialis membantu orang dari segala usia hidup normal dan bahagia. Hal ini membuat salah satu pekerjaan rumah sakit terbaik.

Lebih Rinci Pekerjaan Seorang Psikiater

Seorang psikiater dapat bekerja dalam / praktek pribadinya atau bekerja dengan sebuah lembaga kesehatan. Terus mendapatkan pada praktek pribadi dapat mengambil waktu dan sepenuhnya tergantung pada / nya pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kerja. Beberapa psikiater juga memilih untuk karir akademik di mana mereka mengajar siswa psikiater di sebuah lembaga kesehatan atau sekolah kedokteran. Seperti disebutkan sebelumnya, seorang mahasiswa psikiater dapat mengkhususkan dalam bidang / nya minatnya. Beberapa psikiater spesialis untuk mengobati anak-anak cacat mental yang berbagai sementara beberapa pekerjaan dengan pasien dewasa memerangi dengan pasca-trauma gangguan. Seorang psikiater juga dapat mengkhususkan dalam psikiatri forensik, di mana ia / dia membantu dalam interaksi dengan terdakwa dalam kasus dia / dia cacat mental. Diberikan di bawah ini adalah daftar beberapa tanggung jawab psikiater kepala.

Menganalisis dan mendiagnosis alasan ketidakseimbangan jiwa pasien dari data yang tersedia.
Merancang dan merencanakan perawatan yang dibutuhkan pasien dengan membahas dengan profesional kesehatan lainnya seperti dokter, pekerja sosial, psikolog, dll
Meresepkan obat atau perawatan psikoterapi untuk mengobati gangguan mental pasien.
Mengumpulkan dan memelihara catatan pasien untuk menganalisis kemajuan pengobatan.
Jelaskan bentuk pengobatan dan perilaku yang diharapkan dengan pasien, kepada anggota keluarga, wali atau kerabat pasien.
Mengobati pasien dengan berbagai gangguan mental, yang dapat menjadi masalah kecil seperti kecemasan gangguan yang sangat serius seperti skizofrenia.
Menganalisis sejarah kejiwaan pasien dan menghadiri sesi dengan pasien untuk memecahkan masalah psikologis.
Diperkenankan menggunakan terapi kejut listrik pada pasien bila pengobatan lain tidak terbukti bermanfaat.
Ini adalah ringkasan dari deskripsi pekerjaan psikiater. Bidang psikiatri memiliki beberapa peluang karir dengan gaji tahunan rata-rata 150 jt. Menjadi seorang psikiater adalah pekerjaan yang sangat bertanggung jawab dan menuntut kapasitas intelektual yang baik untuk memecahkan masalah kejiwaan pasien.  Dengan demikian sudah jelas bahwa pengertian psikiater adalah mereka yang bertanggungjawab sebagaimana job desk di atas, mudah-mudahan informasi ini dapat Anda manfaatkan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s