Karomah Imam Hanbali

KAROMAH IMAM AHMAD BIN HANBAL AL-MUBAJJAL (PENDIRI MADZHAB HANBALI)

Fathimah, puteri Imam Ahmad, pernah bercerita: “Telah terjadi kebakaran di rumah salah saudara lelakiku, Sholeh. Dia adalah lelaki yang telah menikah dengan seorang wanita dari kaum Mayasir, dibawakan untuknya berbagai perlengkapan senilai hampir 4.000 dinar, maka terbakarlah semua kekayaan itu.
Syeikh Sholeh berkata: Tidak ada yang membuatku merasa bersedih dari sesuatu yang lenyap dariku terkecuali baju ayahku yang biasa dipakainya untuk sholat. Aku mengambil berkah dengan baju tersebut dan aku juga mengenakannya saat sholat.”
Kemudian melanjutkan kisahnya: “Ketika api telah padam, orang-orang masuk ke dalam rumah tersebut. Mereka mendapati baju itu masih utuh berada di atas kasur, padahal di sekelilingnya telah habis terbakar.”

Ibnu al-Jauzi berkata: “Dan kejadian yang serupa itu juga pernah kudapatkan dari Qodhil Qudhot Ali bin Husain az-Zainabi, sesunggunya beliau bercerita tentang kebakaran yang terjadi di rumah mereka. Terbakarlah semua yang ada di dalam rumah kecuali sebuah buku yang di dalamnya terdapat tulisan Imam Ahmad bin Hanbal.”

Ibnu al-Jauzi juga berkata: “Ketika terjadi bencana banjir tahun 554 H., kitab-kitabku ikut tenggelam diseret banjir tersebut. Namun ada yang selamat darinya yakni satu jilid kitab. Setelah diperiksa ternyata dalam jilid tersebut terdapat dua lembar tulisan Imam Ahmad bin Hanbal Rahimahullah.”

(Al-Adab asy-Syar’iyyah wa al-Minah al-Mar’iyyah karya asy-Syeikh Muhammad bin Muflih bin Muhammad al-Maqdisiy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s