Sarapan Oatmeal lebih efektif turunkan berat badan

Dibanding Sereal, Sarapan Oatmeal Lebih Efektif Turunkan Berat Badan

Selasa, 03/12/2013 06:09 WIB

Andi Annisa Dwi Rahmawati – detikFood

Foto: http://www.chick-fil-a.com
Jakarta – Sereal dan oatmeal jadi sarapan praktis yang populer di dunia. Meski mengenyangkan, keduanya memiliki dampak yang berbeda saat dikonsumsi. Dibanding sereal, sarapan oatmeal lebih efektif turunkan berat badan.
Studi menunjukkan, sarapan oatmeal meningkatkan persepsi kenyang, menurunkan persepsi lapar, dan mengurangi keinginan untuk makan dibanding sarapan sereal.
Dalam penelitian yang dipublikasikan Journal of American College of Nutrition, para peneliti membandingkan dampak kenyang dari dua jenis sarapan populer, yaitu sereal dan oatmeal. Sebanyak 48 subyek penelitian berusia 18 tahun dan di atas 18 tahun diuji selama dua hari. Mereka harus mengonsumsi sereal dan oatmeal saat sarapan.
Dengan menggunakan skala analog visual (VAS), peneliti kemudian mengukur tingkat kekenyangan subyek penelitian pada beberapa titik waktu, empat jam setelah mengonsumsi sarapan. Tingkat kelaparan, kapasitas perut, kepuasan, dan keinginan untuk makan dari subjek penelitian juga diukur.
Selain itu, menu sarapan juga diatur melalui tes physiochemical karakterisasi beta-glucan, pencernaan kinetik pati in vitro, dan viskositas.
Hasil penelitian menunjukkan, dibanding sarapan sereal, sarapan oatmeal lebih meningkatkan persepsi kenyang dan menurunkan persepsi lapar serta keinginan untuk makan. Sementara itu, peringkat kepuasan subyek penelitian saat mengonsumsi sereal dan oatmeal tidak terlalu berbeda.
Mengapa oatmeal lebih mengenyangkan? Hasil tes physiochemical menunjukkan, kandung beta-glucan dari oatmeal lebih kental karena konsentrasinya lebih tinggi dan molekulnya lebih berat. Hal ini menandakan oatmeal mengandung lebih banyak serat dibanding sereal.
Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan, mengonsumsi oatmeal saat sarapan bisa memperpanjang periode waktu antara makan. Sarapan oatmeal juga membangun kebiasaan kondusif untuk menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s