Khasiat Buah Delimah

Detik Islam » Buah Delima Antara Obat dan Sunnah

Buah Delima Antara Obat dan Sunnah

Buah Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5-8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granadaberdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Tahukan anda sahabat Detik Islam Selain Buah Delimi memiliki warna yang memikat serta enak dan memiliki berbagai khasiat luar biasa untuk kesehatan, ternyata buah Delima adalah salah satu makanan yang di senangi Rasulullah SAW. Hadist mengenai buah  Delima ermaktub dalam sebuah hadist mauquf dan marfuí di mana Nabi Muhammad SAW bersabda : Buah delima termasuk buah surga. ”Tak satu pun buah delima yang kalian tanam, melainkan ia dibuahi dengan biji buah delima surga”.

Bukan hanya itu ulasan mengenai buah delimapun ternyata di dalam Al Quran juga disebutkan pada beberapa surat, antara lain Surat Al Aníam ayat 99 dan 141, Ar Rahman ayat 68 yakni Fihima fakihatuw wa nakhluw wa rumman yang artinya : Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.

Dalam suatu riwayat, Harb dan perawi meriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, Beliau berkata,
“Makanlah buah delima dan bagian dagingnya sekaligus, karena buah ini berfungsi membersihkan lambung.”

Sangat jelas bahwa hadits tersebut menganjurkan makan buah delima untuk membersihkan lambung. Sedangkan dari sisi medis, dalam beberapa literatur disebutkan bahwa seluruh bagian tumbuhan delima dapat dimanfaatkan sebagai obat, mulai dari kulit kayu, kulit akar, kulit buah, daun, biji dan bunganya. [Sands/BerbagaiSumber/detikislam.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s