Turunkan kolesterol tanpa minum obat

Liputan6.com, Jakarta : Sulitnya menjaga pola makan dan gaya hidup bisa jadi pemicu tingginya kolesterol. Bila kolesterol tinggi terlanjur terjadi, yang banyak dilakukan adalah minum obat penurun kolesterol. Padahal tanpa minum obat, kolesterol dapat dikendalikan dengan cara berikut.

Seperti dilansir Idiva, Senin (9/12/2013) Berikut adalah cara mengalahkan kolesterol tanpa obat:

1. Bergerak lebih

Menurut pelatih kebugaran Nicola Ayres, olahraga teratur bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat sebanyak lima persen.

“Bila Anda ingin menurunkan kolesterol, pilih aktivitas yang dapat meningkatkan detak jantung Anda seperti berenang, jogging, atau melakukan pekerjaan rumah tangga atau berkebun. Lakukan 30-40 menit, lima hari dalam seminggu,” katanya.

2. Istirahat cukup

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang yang tidur delapan jam setiap malam memiliki kolesterol lebih rendah dibandingkan orang yang tidur selama enam jam atau kurang. Namun, menurut sebuah studi dalam journal Sleep bulan lalu menyebutkan bahwa orang-orang yang tidur siang lebih dari 30 menit memiliki kolesterol tinggi.

3. Tingkatkan asupan serat

Serat dapat memotong kolesterol jahat (LDL) dengan jumlah yang kecil tapi signifikan. Studi menunjukkan bahwa dibutuhkan 3 minggu sampai 1 bulan untuk melihat perubahan dalam kadar kolesterol setelah diet serat tinggi dimulai.

4. Makan ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida, jenis lemak dalam darah terkait dengan penyakit jantung. Selain itu, omega 3 juga dapat membantu mengurangi kolesterol dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri. Ikan mengandung omega 3 termasuk salmon, tuna atau sarden.

5. Berhenti melewatkan sarapan

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

6. Makan lebih banyak kacang-kacangan

Mengonsumsi segenggam kecil kacang apapun, setiap hari dapat meningkatkan kadar HDL. Anda bahkan dapat makan kacang yanga da dalam cokelat karena satu penelitian di Jepang menemukan bahwa polifenol dalam coklat membantu meningkatkan produksi HDL .

7. Jangan stres

Stres kronis dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko aterosklerosis (pengerasan arteri). Ini terjadi ketika plak dari kolesterol menumpuk di arteri. Cobalah latihan relaksasi seperti yoga atau berendam dengan air hangat selama 10 menit.

(Fit/Igw)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s