Masjid Terbanyak di Dunia ada di Indonesia

Muslimedia News – Media Islam

Muslimedianews, Bandung ~ Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) di seluruh daerah, diminta untuk terus berusaha  meningkatkan dakhwahnya. Menurut, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK), masjid di Indonesia paling banyak di dunia.

JK mengatakan jumlahnya mencapai 885 ribu masjid. Dari jumlah tersebut, 126 ribu atau sekitar 19 persennya ada di Provinsi Jawa Barat (Jabar).  

”Provinsi di dunia, yang palingg banyak masjidnya, ya Jabar. Penduduknya memang banyak. Itu bagian yang terbesar. DMI paling aktif juga ada di Jabar,” kata JK di acara Pelantikan pengurus wilayah dewan masjid Indonesia (PW DMI), Senin (9/12/2013). 

Menurut JK, ke depan harus dipikirkan dengan baik bagaimana agar masjid berfungsi betul untuk umat. Jadi, tak hanya digunakan untuk ibadah saja, melainkan kemasyarakatannya juga. Yakni, mengembalikan fungsinya seperti zaman Rasulullah.

”Jangan sampai, masjid megah, bagus tapi sekelilingnya masyarakat kumuh,” ujarnya. 

JK mengatakan sepanjang tahun ini masjid memang menjadi pesantren besar. Bahkan, ekonomi misalnya bank syariah pun mulai tumbuh di masjid. Selain itu, banyak pendidikan yang membuat masjid dan masjid membuat pendidikan. 

”Nota kesepahaman yang dibuat DMI Jabar dengan berbagai pihak dilakukan untuk meningkatkan peranan sosial masjid, jamaah, dan kesehatan jamaah sekaligus,” katanya.

Sumber: Islam Indonesia
Image: Masjid Akbar Kemayoran/ Panoramio
Redaktur: Ibnu Munir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s