Filosofi pakaian Santri, Sarungan

Muslimedia News – Media Islam

Muslimedianews ~ Ciri khas penampilan dalam berpakaian kaum sarungan (santri) adalah tidak lepas dari bakyak, sarung, baju koko dan kopyah. Banyak filosofi yang terkandung dalam simbolisasi penamaan pakaian kaum sarungan tersebut, diantaranya:

1.    Bakyak asal katanya dari al-Baqa’ wa al-Yaqin. Ke mana-mana selalu ingat Allah, meyakini bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha Kekal. Karena lidah Jawa sulit mengucapkannya maka Baqa’ dibaca “Bakyak”.

2.    Sarung asal katanya dari Syar’an. Artinya dalam kehidupannya senantiasa mengamalkan syariat Islam. Karena lidah Jawa sulit mengucapkannya maka Syar’an dibaca “Sarungan”.

3.    Baju koko asal katanya dari potongan ayat Walibasuttaqwa dzaliku khair (QS. al-A’raf ayat 26). Senantiasa mengingatkan bahwa pakaian taqwa adalah sebaik-baik pakaian. Karena lidah Jawa sulit mengucapkannya maka Taqwa dibaca “Koko”.

4.    Kopyah asal katanya dari Khufyah, artinya disembunyikan. Walau kepala kita pintar dan jenius jangan dipamerkan dan jangan ditonjokan, tapi disembunyikan. Kalau orang pakai kopyah berarti mengingatkan untuk tidak sombong. Karena lidah Jawa sulit mengucapkannya maka Khufyah dibaca “Kopyah”.

Dalam Dalam suatu syair disebutkan:

وخي لباس المرء طاعة ربه * ولا خير فيمن كان لله عاصيا

“Baju dan hiasan yang paling indah adalah taat kepada Rabbnya # Dan tidak ada kebaikan bagi orang yang bermaksiat pada Allah.”

(Disarikan dari taushiyyah Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj Ketum PBNU di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek). Wallahu al-Musta’an A’lam.

Sya’roni As-Samfuriy, Cilangkap Jaktim

2 thoughts on “Filosofi pakaian Santri, Sarungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s