Semangat!!! Industri Ritel semakin bergairah di 2014

Industri Ritel Semakin Bergairah di 2014

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Daniel Ngantung

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tahun 2013, Jakarta kedatangan dua peritel mode global.  Uniqlo pada Juni, lalu disusul H&M pada Oktober. Pada hari pertama pembukaan, masyarakat berbondong-bondong lalu mengantre untuk mendapatkan produk mereka.

Kehadiran keduanya menandakan Indonesia masih menjadi surga untuk berinvestasi kendati suhu ekonomi masih tak menentu.

Lalu bagaimana prospek industri ritel, mode khususnya, tahun mendatang di tengah situasi politik dan ekonomi yang diprediksikan akan bergejolak karena pemilu?

Danny Anthonius, Country Manager A.S.Louke Indonesia – sebuah perusahaan berlisensi konsultan produk – menuturkan tren ritel pada tahun 2014 akan tetap menggairahkan.

“Justru pertarungan akan semakin luar biasa. Banyak ritel baru yang akan hadir di Indoneisa,” ujar Danny saat ditemui Tribunnews.com belum lama ini.

Diakuinya, saat ini perusahaannya tengah menangani 80 klien baru asal mancanegara yang akan membuka usahanya di Indonesia tahun depan.

Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain bergerak di bidang mode, kecantikan, makanan, dan edukasi.

Perekonomian Indonesia yang relatif stabil dibandingkan negara lain, khususnya di Eropa dan Amerika, menjadi alasan perusahaan luar negeri tertarik untuk berekspansi ke Asia, Indonesia khususnya.

“Krisis di Eropa dan Amerika belum selesai. Jadi Asia menjadi pasar yang sangat luar biasa,” katanya.

Faktor lainnya yaitu jumlah penduduk kelas menengah ke atas di Indonesia terus meningkat. Belum lagi, Indonesia memiliki jumlah generasi usia produktif terbanyak dibanding negara lain. Mereka inilah yang menjadi penggerak perekonomian di Indonesia.

Bila dikaitkan dengan suhu politik yang memanas karena Pemilu 2014, Danny menilai hal tersebut tidak akan berdampak secara signifikan.

“Kalau saat ini tahun 1998, tentu saya akan sangat pesimis pada prospek Indonesia 5 tahun mendatang. Tapi sekarang 2013, saya sangat optimis,” ujar Danny.  

Keoptimisan turut disampaikan H&M dan Uniqlo yang kehadirannya mendapat sambutan hangat dari warga Jakarta.

“Saya rasa fashion sudah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat. Kebutuhan itu akan selalu ada. Jadi saya rasa tidak akan berpengaruh. Penjualan kami secara global tidak terganggu. Kami yakin di Indonesia juga,” ujar Chief Operating Officer PT Fast Retailing Indonesia Yasuhiro Hayashi.  

Berkonsep “Fashion Made for All”, Uniqlo menawarkan segala usia. Pakaiannya pun hadir dalam ragam pilihan warna sehingga memudahkan konsumen untuk mengeksplorasi gaya mereka dengan mix and match. Inilah yang menurut Yasuhiro tetap menguatkan posisi peritel asal Jepang itu sebagai merek pilihan masyarakat Indonesia.

“Cara berpikir Uniqlo sama dengan orang Indonesia, suka mix and match,” katanya. Tahun 2013 sendiri menjadi tahun yang memuaskan buat Uniqlo. Tiga toko Uniqlo telah dibuka dalam kurung waktu enam bulan.

H&M, produk fashion high-street asal Swedia, memprediksi tahun 2014 sebagai tahun yang menjanjikan.

“Melihat animo masyarakat yang begitu antusias saat H&M dibuka pertama kali di Jakarta, kami sangat optimis di tahun 2014,” ujar Manajer Humas PT. Hindo Indonesia Karina Soegarda.

Keoptimisan itu H&M buktikan dengan membuka flagship store pertamanya di Jakarta awal 2014 mendatang. Berlokasi di Grand Indonesia, toko ini akan menjadi toko H&M terbesar dan terlengkap dengan luas 4.000 meter persegi. Sebelumnya H&M telah membuka dua tokonya di kawasan Jakarta Selatan. Selain itu, H&M akan merilis koleksi Conscious Exclusive, yakni koleksi busana formal yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang.

Diungkapkan Karina, H&M selalu menghadirkan kejutan-kejutan baru untuk memuaskan konsumennya.

“Kami konsisten merilis koleksi kolaborasi dengan desainer ternama. Kami pun memiliki koleksi yang selalu fresh tiap musimnya,” ujar Karina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s