7 Cara Agar terbebas dari Mendengkur

Lakukan 7 Cara Ini Agar Tidur Anda Terbebas dari Dengkuran

Jakarta – Mendengkur merupakan hal yang seringkali dialami oleh banyak orang. Anda mungkin tidur mendengkur dan tetap dapat tidur dengan nyenyak, tetapi pasangan Anda menghabiskan waktu semalaman tanpa tidur nyenyak karena terganggu dengan dengkuran Anda.Mendengkur bukan merupakan penyakit yang tak tersembuhkan, karena hal ini merupakan gangguan alami dari pernapasan. Ketika seseorang bernapas saat tidur, udara menggetarkan pita suara sehingga menyebabkan suara dengkuran keluar. Semakin banyak aliran udara, semakin banyak turbulensi dan semakin keras pula dengkuran Anda.Mendengkur bisa terjadi sesekali terutama bila hidung tersumbat atau batuk. Namun, jika mendengkur menjadi hal yang biasa, maka itu bisa menjadi masalah yang tidak bisa dianggap enteng. Usia, sinus, pilek, kelebihan berat badan dan merokok adalah beberapa penyebab utama dari mendengkur. Selain itu, posisi tidur Anda mempengaruhi kesehatan.Selain menciptakan masalah kesehatan, mendengkur juga dapat menyebabkan hubungan Anda dan pasangan jadi bermasalah. Berikut ini 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dengkuran saat tidur, seperti dikutip dari Boldsky, Kamis (9/1/2014):

1. Gunakan bantal
Seseorang yang sering mendengkur ketika tidur disarankan untuk menggunakan beberapa bantal tambahan. Karena dengan menggunakan bantal yang cukup tinggi dapat mencegah jaringan di tenggorokan jatuh ke saluran udara.

2. Tidur dengan posisi miring
Tidak mungkin untuk tidur hanya pada satu posisi sepanjang malam. Namun, jika Anda mencoba kemudian tidur di sisi dengan lengan melilit bantal akan membantu menghentikan dengkuran. Tidur dengan posisi miring adalah ‘obat’ sederhana untuk berhenti mendengkur.

3. Mengirup uap air hangat
Menghirup uap adalah obat rumah sederhana untuk berhenti mendengkur. Cara ini bisa menghilangkan penyumbatan hidung, karena memicu keluarnya lendir.

4. Berhenti Merokok
Merokok dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan termasuk mendengkur. Merokok menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada tenggorokan yang menyebabkan kesulitan bernafas. Maka seorang perokok biasanya mendengkur pada saat tidur.

5. Tidak meminum alkohol
Menghindari minuman beralkohol, obat tidur, obat penenang dan antihistamins akan meringankan mendengkur. Karena obat-obatan tersebut akan mengendurkan otot dan menyebabkan penyumbatan .

6. Mengobati batuk
Batuk dan lendir juga dapat menjadi salah satu penyebab mendengkur. Jika Anda sedang batuk ataupun flu, segeralah obati agar tidak mendengkur.

7. Hindari ngemil sebelum tidur
Hindari makanan ringan sebelum tidur seperti pizza, burger, keju, popcorn, biscuit, dan lain-lain. Karena makanan yang tinggi lemak meningkatkan sekresi lendir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s