Sinopsis dan Blurb

Detik Islam » Perbedaan Sinopsis dan Blurb

Salah satu cara untuk memudahkan dalam membuat cerpen adalah membuat sinopsisnya dahulu. Dari sinopsis tersebut, kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah cerpen. Bagaimana cara membuat sinopsis?

Sering membaca bagian belakang sampul buku kan, Mak? Di sana tercantum cuplikan yang merupakan ringkasan isi buku. Tulisan di bagian belakang buku itu sengaja dibuat agar pembaca mendapat info sekilas tentang buku tersebut. Juga, untuk memancing agar pembaca penasaran dan akhirnya membeli dan membaca buku itu.

Apakah cuplikan itu memuat keseluruhan ringkasan isi buku? Tentu saja tidak. Kalau dibuat seluruhnya, pembaca tidak penasaran lagi, dong?

Kita biasa menyebut tulisan di sampul belakang buku itu dengan “sinopsis”. Padahal, itu adalah “blurb”. Blurb ditujukan untuk calon pembaca.

Lalu, sinopsis itu yang bagaimana?

Sinopsis adalah ringkasan cerita, dari awal hingga akhir. Saat membaca sinopsis, kita sudah langsung tahu tokoh, jalan cerita, dan akhir cerita tersebut. Sinopsis biasanya ditujukan untuk editor yang meminta naskah, agar mereka memiliki gambaran cerita yang akan dibuat.

Sinopsis juga dibuat untuk merancang sebuah cerpen, seperti yang akan kita lakukan nanti. Cara membuatnya, mudah. Kita tinggal menuliskan inti jalan cerita dari awal sampai akhir.

Oleh : Siti Sofiah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s