Misteri Cincin Biru di Laut Denmark

Misteri Formasi Cincin Biru di Laut Denmark

Fitraya Ramadhanny – detikTravel

Formasi cincin misterius di laut Denmark (news.com.au)
Mon – Bayangkanlah fenomena crop circle tapi di dasar lautan. Itulah misteri yang muncul di sekitar Pulau Mon di Denmark. Ada yang bilang hasil perbuatan alien, peri atau bekas bom. Yang jelas, turis pun penasaran.

Pulau Mon yang berada di Laut Baltik yang bening, menarik perhatian masyarakat dan turis karena muncul formasi eelgrass -semacam rumput laut- berbentuk cincin. Jumlah cincin ini ada beberapa buah dan pernah muncul beberapa kali antara tahun 2008-2011.

Formasi cincin ini diameternya bisa mencapai 15 meter. Tak heran, ada yang menduga ini ulah UFO, mahluk peri, atau bekas bom Perang Dunia II.

Namun, dilansir dari news.com, Selasa (4/2/2014) pakar biologi Marianne Holmer dari University of Southern Denmark dan Jens Borum dari University of Copenhagen mengatakan sudah memecahkan misteri ini. Tidak ada yang namanya alien, peri atau bekas perang.

Menurut mereka formasi cincin itu adalah pola radiasi yang muncul pada rumput laut ketika mereka mati terkena racun. Di lumpur sekitar rumput laut itu ditemukan kandungan sulfida yang sangat tinggi dan mematikan rumput laut.

“Lumpur ini tersangkut di rumput laut. Makanya ada lumpur dengan konsentrat sulfida yang tinggi di tumbuhan eelgrass ini,” kata mereka.

Lantas, bagaimana formasi cincin misterius ini terbentuk. Para ilmuwan ini mengatakan, rumput laut tumbuh ke segala arah.

Ketika sulfida ini meracuni rumput laut, yang mati duluan adalah yang paling tua di bagian tengah dan berubah warna. Yang bertahan hidup adalah yang lebih muda di lingkaran terluar dan warnanya pun berbeda dengan yang mati.

“Hasilnya adalah bentuk cincin yang sebenarnya adalah rumput laut di bagian terluar yang bertahan hidup, seperti cincin peri,” kata Holmer dan Borum.

Yang disebut cincin peri biasanya adalah koloni jamur yang tumbuh dengan formasi lingkaran. Di Eropa, ada dongeng kalau tumbuhan ini hasil perbuatan para peri.

Namun, beberapa formasi cincin peri memang sulit dijelaskan ilmuwan. Tapi setidaknya, misteri cincin laut di Denmark sudah terpecahkan dan menjawab penasaran warga dan wisatawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s