9 Manfaat mengurangi makan Daging

9 Manfaat Kurangi Makan Daging

SHUTTERSTOCK

Daging sapi yang bersih (lean meat) hanya mengandung 2,8 gr per 100 gram daging.

KOMPAS.com – Istilah “go green” tidak hanya baik bagi lingkungan, tetapi juga untuk pola makan kita sehari-hari. Menurut Steven Masley, ahli gizi dan penulis buku The 30-Day Heart Tune-Up: A Breakthough Medical Plan to Prevent and Reverse Heart Disease, mengurangi daging memberikan manfaat bagi kesehatan seluruh tubuh.
“Orang Amerika yang mengganti daging dengan diet vegetarian dapat mengurangi berat badan mereka dan terlihat perbaikan untuk kadar kolesterol dan gula darah mereka,” jelasnya. Lebih lanjut, inilah sembilan manfaat yang Anda bisa dapatkan dari pengurangan makan daging.

1. Berat badan berkurang
Sebuah studi berskala besar selama lima tahun yang dipublikasi dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics di 2013 mengungkap, mereka yang tidak makan daging memiliki rata-rata indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah daripada mereka yang makan daging. Selain itu, studi juga menemukan, orang obesitas yang melakukan diet vegetarian cenderung lebih banyak mengurangi berat badannya daripada mereka yang berdiet namun tetap makan daging.

2. Tekanan darah menurun
Menurut sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Public Health Nutrition, pelaku diet vegetarian dan vegan cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding dengan pemakan daging. Para peneliti mengatakan, ini karena mereka lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

3. Risiko diabetes lebih rendah
Studi yang dilakukan American Diabetes Association menemukan, pelaku diet vegeratian memiliki penurunan risiko sindrom metabolik, salah satu faktor risiko yang berhubungan dengan diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung. Studi menemukan, orang yang menghindari makan daging merah dan ayam rata-rata tekanan darah, gula darah, dan trigliseridanya lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

4. Risiko kanker menurun
Para peneliti asal Loma Linda University menemukan adanya hubungan antara diet vegan dengan penurunan risiko semua tipe kanker. Dalam studi yang berperiode 10 tahun tersebut, mereka menganalisa data dari 70.000 orang yang tidak makan daging.

5. Lebih mudah BAB
Makan lebih banyak sayuran dan kacang-kacangan berarti lebih banyak juga serat yang dikonsumsi. Dawn Jackson, pakar diet dan penulis buku The Flextarian Diet mengatakan, konsumsi serat lebih banyak akan menurunkan angka konstipasi dan perbaikan sistem pencernaan secara keseluruhan.

6. Kulit lebih berkilau
Diet vegetarian merupakan diet terbaik bagi kilau kulit. Sebuah studi menemukan, lebih banyak makan buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian utuh akan meningkatkan kadar antioksidan di tubuh yang akan menetralisasi radikal bebas sehingga mencegah penuaan.

7. Bau tubuh lebih baik
Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Chemical Senses menemukan, orang yang tidak makan daging cenderung memiliki bau tubuh yang lebih baik dan menarik, terutama bagi lawan jenis. Bahkan wanita yang tidak makan daging dianggap lebih menarik dengan bau badan lebih sedap.

8. Tambah bahagia
Makan lebih banyak buah dan sayuran adalah salah satu cara untuk memperbaiki mood. Sebuah studi asal University of Warwick dan Dartmouth College pada 80.000 orang menemukan, penambahan porsi makan buah dan sayur harian terbukti dapat memperbaiki mood.

9. Tingkat energi bertambah
Makan bayam, kale, kacang, dan makanan kaya nitrat lainnya akan menambah tingkat energi Anda. Para peneliti menemukan, nitrat dapat memperbaiki kualitas pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah dan memperbaiki distrubusi oksigen ke seluruh tubuh.
Sumber : http://health.kompas.com
http://pribadimanfaat.blogspot.com

One thought on “9 Manfaat mengurangi makan Daging

  1. Pingback: Manfaat Makan Daging Sapi | Distributor Daging Sapi Termurah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s