5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

5 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Menangis adalah salah satu cara untuk mengungkap emosi. Meski begitu, di beberapa budaya, menangis dianggap sebagai hal yang lemah dan hanya dilakukan oleh kaum perempuan. Meskipun pada kenyataannya, tidak ada yang salah dengan menangis.
Anda perlu mengetahui tentang fakta bahwa air mata benar-benar dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Apa saja? Berikut penjelasannya.
1. Menghilangkan stres
Ketika Anda merasa stres lebih baik menangis daripada memendam perasaan tersebut dalam hati. Menangis akan membantu Anda mengurangi atau bahkan mengilangkan rasa stres dan frustrasi dalam diri Anda. Untuk itu, menangis sering disebut sebagai pereda stres yang ampuh.
2. Meningkatkan mood
Apakah Anda pernah merasa begitu lega, dan merasa lebih baik setelah menangis? Jika ya, itu berarti sesuatu yang baik untuk Anda, karena menangis dapat membuat mood Anda lebih baik. Air mata memang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan stres yang Anda alami.
3. Membersihkan mata
Fungsi sebenarnya dari air mata adalah untuk menjaga mata agar tetap basah sehingga lensa dan kornea tidak rusak. Tidak hanya membantu Anda melihat lebih baik, juga menghilangkan semua kotoran yang ada di mata. Selain itu, air mata juga membantu menghilangkan racun dalam mata dan membunuh bakteri yang masuk. Jadi, ketika air mata keluar, mata Anda sebenarnya menjadi lebih sehat.
4. Turunkan tingkat mangan
Menangis akan mengurangi tingkat mineral mangan dalam tubuh. Terlalu banyak mineral mangan dalam tubuh bisa membuat berantakan suasana hati Anda. Untuk itu, menangis dapat membuat mood Anda tetap stabil dan membuat Anda merasa lebih baik dengan menurunkan mineral mangan dalam tubuh.
5. Mengurangi hipertensi
Ketika Anda menangis, tekanan pada tubuh menjadi berkurang. Tak hanya itu, menangis juga dapat membantu mengurangi kadar garam dalam tubuh. Kedua, stres dan garam, dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan tekanan darah, Anda harus menangis ketika stres. Hal ini akan mencegah tekanan darah melonjak yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Menangis dan membuat penurunan tekanan darah Anda.

Penulis: Ririn Indriani/RIN

Sumber:Mag for Women

*http://www.beritasatu.com
http://pribadimanfaat.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s