Kunyit, Obat Kanker Payudara

Kunyit Bisa Jadi Obat Kanker Payudara

Zanel Farha Wilda – detikHealth

Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta – Bersama kanker serviks, kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang sangat mencemaskan bagi kaum wanita. Diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk pengobatan kanker payudara. Namun, tahukah Anda jika ternyata kunyit bisa menjadi salah satu obat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker?
Ini bukan pertama kalinya kunyit dapat bermanfaat sebagai salah satu obat bagi penyakit berbahaya. Sebelumnya, kunyit juga diketahui menjadi salah satu obat yang dapat membantu mengatasi penyakit Alzheimer. Rempah-rempah yang terkandung di dalam kunyit dipercaya dapat membantu mengatasi kanker payudara, seperti dikutip dari Mirror, Jumat (14/2/2014).
Percobaan yang dilakukan para ilmuwan terhadap tikus menunjukkan hasil bahwa curcumin, yang merupakan kandungan dari kunyit, apabila digunakan dalam dosis tinggi ternyata berhasil menyusutkan dan menghambat pertumbuhan tumor. Dalam melakukan percobaan ini, tikus yang digunakan sebagai bahan percobaan diberikan kapsul berisi curcumin yang akan masuk melalui aliran darahnya.
“Hasil dari percobaan ini menunjukkan adanya reduksi yang signifikan di dalam perkembangan tumor,” ujar ilmuwan dari Amerika Serikat.
Meski begitu, para ilmuwan mengungkapkan bahwa manfaat yang ditunjukkan oleh kunyit ini tidak akan berpengaruh apabila dikonsumsi secara langsung, dalam artian dimakan sehari-hari untuk bumbu masakan. Hal ini dikarenakan rempah-rempah yang berada di dalam kunyit akan segera terberai di dalam perut.
Melihat fakta bahwa ternyata kanker dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker, maka kunyit pun dapat dijadikan alternatif lain selain melatonin, dalam mengobati kanker payudara. Seperti yang sudah diketahui, melatonin (hormon penyebab kantuk) juga dipercaya sebagai salah satu obat lain yang juga dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.
Dan hingga kini, Pusat Penelitian Kanker yang berada di UK sedang berusaha untuk melakukan uji coba lebih lanjut terkait pemanfaatan kunyit ini. Para ilmuwan ingin melihat apakah ada manfaat selanjutnya yang akan diberikan kunyit dalam pengobatan kanker payudara. Salah satu hal yang ingin diteliti lebih lanjut adalah untuk melihat apakah manfaat rempah-rempah yang terkandung di dalam kunyit juga dapat digunakan dalam proses kemoterapi.

http://m.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s