Kucing jadi penyebab Masuk Neraka

Gara-gara Mengurung Kucing, Wanita Ini Masuk Neraka

Islam adalah rahmat untuk semesta alam. Bukan hanya untuk manusia, tetapi juga untuk binatang. Dalam hadits, Rasulullah menjelaskan ada orang yang masuk surga lantaran ia mengasihi binatang. Ada pula orang yang masuk neraka lantaran ia menyakiti binatang.
Pada poin pertama, orang masuk surga karena binatang, adalah hadits Rasulullah yang mengisahkan seorang pelacur masuk surga setelah ia member minum seekor anjing yang sedang kehausan.
Sedangkan contoh orang yang masuk neraka karena menyakiti binatang, adalah hadits-hadits tentang kucing berikut ini:

عُذِّبَتْ امْرَأَةٌ فِي هِرَّةٍ سَجَنَتْهَا حَتَّى مَاتَتْ فَدَخَلَتْ فِيهَا النَّارَ لَا هِيَ أَطْعَمَتْهَا وَسَقَتْهَا إِذْ حَبَسَتْهَا وَلَا هِيَ تَرَكَتْهَا تَأْكُلُ مِنْ خَشَاشِ الْأَرْضِ

“Seorang wanita disiksa Allah pada hari kiamat lantaran dia mengurung seekor kucing sehingga kucing itu mati. Karena itu Allah Subhanahu Wa Ta’ala memasukkannya ke neraka. Kucing itu dikurungnya tanpa diberi makan dan minum dan tidak pula dilepaskannya supaya ia dapat menangkap serangga-serangga bumi.” (HR. Muslim)
Dalam sebuah khutbah shalat gerhana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

قَدْ دَنَتْ مِنِّي الْجَنَّةُ حَتَّى لَوْ اجْتَرَأْتُ عَلَيْهَا لَجِئْتُكُمْ بِقِطَافٍ مِنْ قِطَافِهَا وَدَنَتْ مِنِّي النَّارُ حَتَّى قُلْتُ أَيْ رَبِّ وَأَنَا مَعَهُمْ فَإِذَا امْرَأَةٌ حَسِبْتُ أَنَّهُ قَالَ تَخْدِشُهَا هِرَّةٌ قُلْتُ مَا شَأْنُ هَذِهِ قَالُوا حَبَسَتْهَا حَتَّى مَاتَتْ جُوعًا لَا أَطْعَمَتْهَا وَلَا أَرْسَلَتْهَا تَأْكُلُ قَالَ نَافِعٌ حَسِبْتُ أَنَّهُ قَالَ مِنْ خَشِيشِ أَوْ خَشَاشِ الْأَرْضِ

“Telah didekatkan surga kepadaku hingga seandainya aku dibenarkan (berani) untuk mengambilnya tentu aku akan bawakan kepada kalian kurma dari kurma-kurma di dalamnya. Dan didekatkan juga neraka kepadaku hingga aku berkata, ‘Wahai Rabb, mereka umatku. Tiba-tiba aku melihat seorang wanita’. Aku (Nafi’) menduga beliau mengatakan, “Dicakar-cakar oleh seekor kucing. Aku bertanya, ‘Apa yang menyebabkan demikian? Mereka menjawab, ‘Wanita tersebut menahan kucing tersebut hingga mati karena kelaparan karena dia tidak memberinya makan atau membiarkan kucing tersebut pergi mencari makan.’ Nafi’ berkata, “Aku menduga beliau mengatakan, “Mencari makan dari serangga di permukaan tanah’.” (HR. Bukhari)

سنن الدارمي ٢٦٩٣: أَخْبَرَنَا الْحَكَمُ بْنُ الْمُبَارَكِ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَتْ امْرَأَةٌ النَّارَ فِي هِرَّةٍ فَقِيلَ لَا أَنْتِ أَطْعَمْتِيهَا وَسَقَيْتِيهَا وَلَا أَنْتِ أَرْسَلْتِيهَا فَتَأْكُلَ مِنْ خَشَاشِ الْأَرْضِ

“Seorang wanita masuk neraka karena seekor kucing. Lalu dikatakan kepadanya; Kamu tidak memberinya makan, tidak memberinya minum, dan kamu tidak melepaskannya sehingga ia dapat memakan serangga bumi.” (HR. Darimi)
Semoga hadits-hadits ini membuat kita semakin mengasihi binatang dan tidak menyakitinya. Allahumma aamiin. [Abu Nida]

*http://www.bersamadakwah.com
http://pribadimanfaat.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s