Hukum memakai baju ber-kaligrafi

Muslimedia News – Media Islam

Muslimedianews.com ~ Pakaian dikenakan sebagai penutup aurat bagi manusia. Islam tidak mensyaratkan bentuk, warna maupun bahan tertentu untuk dikenakan. Akan tetapi Islam memiliki prinsip bahwa pakaian harus bisa menutup aurat.
Sebagian orang, ada yang menghiasi pakaiannya dengan gambar-gambar kaligrafi al-Qur’an. Didalam fiqh, hukum menulis al-Qur’an pada baju (pakaian) adalah makruh sedangkan memakainya adalah hukumnya boleh, meskipun digunakan untuk tidur sekalipun dalam keadaan junub.
Didalam kitab Tuhfah al-Habib ala Syarhi al-Khatib (I/372) diterankan : “Hukumnya makruh menulis al-Qur’an pada dinding walaupun dinding Masjid, pakaian, makanan dan seumpama yang demikian, dan hukumnya boleh menghancurkan/merobohkan dinding, memakai pakaian dan memakan makanan yang bertuliskan al-Qur’an, dan tidak masalah bila makanan tersebut bercampur dengan sesuatu didalam perut, berbeda halnya apabila menelan kertas yang terdapat Asma Allah maka hukumnya haram. Dan tidak makruh menulis sesuatu dari al-Qur’an pada wadah/bejana untuk diminum airnya untuk pengobatan”

“Boleh (memakai pakaian yang bertuliskan kafigrafi) walaupun dalam keadaan junub”.
Imam Ibnu Hajar al-Haitami didalam Tuhfatul Muhtaj (I/156) mengatakan : “Makruh menulis al-Qur’an pada dinding walaupun dinding masjid, pakaian, makanan dan semisalnya”
Imam al-Bajuri juga mengatakan : “Boleh memakai pakaian yang berukiran sesuatu dari al-Qur’an serta tidur dengan mengenakannya walaupun bagi orang yang junub”

Oleh : Ibnu Manshur
Disarikan dari http://www.piss-ktb.com/2013/08/2611-hukum-tulisan-kaligrafi-al-quran.html

Teks Arabic : Hasyiyah al-Bujairami / Tuhfatul Habib
ويكره كتب القرآن على حائط ولو لمسجد وثياب وطعام ونحو ذلك، ويجوز هدم الحائط ولبس الثوب وأكل الطعام، ولا تضر ملاقاته ما في المعدة بخلاف ابتلاع قرطاس عليه اسم الله تعالى، فإنه يحرم عليه ولا يكره كتب شيء من القرآن في إناء ليسقى ماؤه للشفاء
قوله: (ولبس الثوب) ولو مع الجنابة.
Al Iqna’ fi Halli Alfadh Abi Syuja
وَيكرهُ كتب الْقُرْآن على حَائِط وَلَو لمَسْجِد وَثيَاب وَطَعَام وَنَحْو ذَلِك وَيجوز هدم الْحَائِط وَلبس الثَّوْب وَأكل الطَّعَام وَلَا تضر ملاقاته مَا فِي الْمعدة بِخِلَاف ابتلاع قرطاس عَلَيْهِ اسْم الله تَعَالَى فَإِنَّهُ يحرم عَلَيْهِ وَلَا يكره كتب شَيْء من الْقُرْآن فِي إِنَاء ليسقى مَاؤُهُ للشفاء خلافًا لما وَقع ل ابْن عبد السَّلَام فِي فَتَاوِيهِ من التَّحْرِيم
Tuhfatul Muhtaj Ibnu Hajar al-Haitami
يكره كتب القرآن على حائط وسقف ولو لمسجد وثياب وطعام ونحو ذلك

Al Bajuri (I/117)
ويحل لبس الثياب التي نقش عليها شيئ من القرأن والنوم فيها ولو للجنب

http://www.muslimedianews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s