Awas Penyakit Jantung Koroner

Info tentang penyakit jantung koroner:

Proses perkembangan penyakit jantung koroner terdiri dari 3 tahap.

1. Tanpa gejala: hal ini terjadi karena  penyempitan PEMBULUH DARAH JANTUNG masih dibawah 75%, sehingga kebutuhan O2 dan makanan untuk otot jantung masih dapat terpenuhi.

2. Nyeri Dada (angina pectoris): ini dapat terjadi pada penyempitan lebih dari 75% dan umumnya terjadi waktu sedang  beraktifitas dan akan hilang dgn sendirinya bila menghentikan aktifitas tsb. Angina pectoris merupakan petanda dari jantung agar kita segera melebarkan sumbatan sebelum terjadi akibat yg fatal.

3. Serangan jantung (heart attack): penyumbatan pembuluh darah jantung yg di sebabkan oleh lepasnya/longsornya plak (yg bahan dasarnya kolesterol) yang memicu reaksi dari tubuh/darah sehingga menutup pembuluh darah jantung100% sehingga otot jantung tidak mendapatkan pasokan O2 dan makanan sehingga tidak bisa berfungsi yg dapat menyebabkan kematian….celakanya kita tidak bisa mengetahui kapan plak tadi akan lepas. Ukuran sumbatan di bawah 75% pun nggak ada jaminan tidak akan lepas, lepasnya plak bisa terjadi kapan saja walaupun waktu sedang tidur atau beristirahat.

Satu satunya yg bisa kita perbuat adalah dengan merubah gaya hidup untuk mengurangi faktor resiko serangan jantung, spt: tidak merokok, kendalikan tensi dan gula darah, makanan sehat dan seimbang, olah raga teratur dan terukur, kelola stres dgn bijak, medical check up teratur (jangan lupa treatmill test).

SEMOGA KITA SEMUA DAPAT TERHINDAR DARI PENYAKIT YG MEMATIKAN INI.

(Health Dept PT Indocement Tunggal Prakarsa,Tbk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s