Khasiat dibalik pedasnya Cabe

Ada Khasiat dibalik Pedasnya Cabe Rawit « Islampos

SETIAP ciptaan Allah pasti memiliki manfaat. Begitu juga dengan si kecil cabe rawit. Orang yang senang dengan makanan rasa pedas pasti selalu mencari cabe rawit sebagai pelengkap rasa pedasnya.

Dibalik pedasnya cabe rawit, ternyata ia mempunyai segudang manfaat yang mungkin belum semua orang tau. Biasanya orang hanya menggunakan cabe rawit sebagai bumbu masakan saja. Seiring berjalannya waktu dan melalui penelitian para ahli, ada beberapa manfaat yang dihasilkan dari cabe rawit.

1. Seperti kebanyakan orang memakan gorengan (mengandung kolesterol) mereka memakan dengan tambahan cabe kare di percaya cabe dapat mengurangi kolesterol, jadi saat kolesterol kita naik, saat itu juga kolesterol kita berkurang. Dengan memakan cabe maka akan membakar kalori. Kemampuan cabe mampu membakar sekitar 25% kalori dalam tubuh kita. Begitulah mungkin banyak yang belum tau tetapi nenek moyang mengajarkan cara yang benar, walapun itu berjalan dengan sendirinya karena tidak ada yang mengajarkan makan gorengan dengan cabe, dan masih banyak manfaat cabe yang lain,

2. Cabe juga bisa mengurangi resiko seseorang terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena dalam cabe tedapat capcaisin yang bersifat antikoagulan yang dapat melakukan pencegahan terhadap terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah.

3. Cabe juga dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Dengan mengkonsumsi cabe, nafsu makan seseorang bisa meningkat dikarenakan adanya zat capsaicin yang mampu merangsang produksi hormon endophrin.

4. Cabe dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketidaksuburan, afrodiask, dan memperlambat penuaan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat antioksidan yaitu vitamin C dan betakaroten pada cabe.

5. Mengurangi resiko seseorang terkena kanker.Menurut sebuah penelitian di laboratorium inggris, kandungan capsaicin pada cabe yang menimbulkan rasa pedas mampu membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal apabila dikonsumsi secara rutin.

Khasiat tersebut akan terasa apabila kita mengonsumsi dalam jumlah yang wajar. Karena segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh. [fha/islampos/earlly]

Redaktur: Eva Fatmah Hasan

http://www.islampos.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s