Jus Super Ajaib dari Kulit Manggis

Jakarta – Ekstrak kulit manggis yang dijual dalam kemasan kapsul dan tablet semakin laris. Pasalnya, sejumlah pakar mengatakan bahwa kulit manggis mempunyai manfaat sebagai anti-oksidan karena mengandung xanthone, anti-oksidan yang dipercaya 5 kali lebih kuat dari vitamin C.

Meski ekstrak kulit manggis dalam bentuk kapsul dan tablet sudah banyak di pasaran, namun ada cara lain bagi masyarakat yang ingin merasakan manfaat dari kulit manggis. Deputi II Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen, Tengku Bahdar Johan Hamid, mengatakan bahwa kulit manggis juga bisa dinikmati dengan diseduh atau dijus.

“Bisa dipotong-potong dulu kulit manggisnya. Lalu dikeringkan, setelah itu diseduh. Atau bisa juga di jus, setelah dipotong-potong dimasukkan ke blender langsung dijus,” tutur Bahdar ketika dihubungi detikHealth, Senin (7/7/2014).

Menurut Bahdar, kulit manggis yang diseduh atau dijus lazim dikonsumsi masyarakat sebagai obat tradisional. Seperti jamu, masyarakat mempercayai bahwa memang kulit manggis memiliki anti oksidan yang tinggi.

Selain itu, kulit manggis yang dijus atau diseduh dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa membutuhkan waktu lama dan peralatan khusus. Terakhir, menyeduh atau membuat jus dari ekstrak kulit manggis lebih murah biaya produksinya daripada membuat ekstrak yang dikemas dalam kapsul atau tablet.

“Kalau dipotong-potong dan dikeringkan lalu diseduh kan satu manggis saja sudah dapat banyak. Sementara ekstrak itu kan satu kapsul bisa sampai 10 kg kulitnya, karena kan kandungannya sedikit-sedikit,” sambung Bahdar lagi.

Berbagai macam manfaat bisa didapat dari xanthone, antara lain memperlambat proses penuaan sel, termasuk sel sel jantung. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu menanggulangi infeksi virus dan jamur.

“Pertumbuhan bakteri yang dapat dihambat adalah bakteri penyebab diare yaitu shigella flexneri, salmonella typhi, escheria coli. Juga propionibacterium acnes dan staphylococcus epidermidis, yang merupakan penyebab penyakit kulit,” tulis pakar nutrisi Rita Ramayulis, DCN, MKes, dalam buku yang ditulisnya berjudul ‘Jus Super Ajaib’.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s