Jus Nanas lebih ampuh daripada obat batuk yang lain

Jus nanas ternyata lebih ampuh dari obat batuk?

Nanas tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun sayangnya buah ini memiliki reputasi yang tak cukup baik berkaitan dengan manfaat kesehatannya, terutama untuk kesehatan tenggorokan. Banyak orang yang merasakan gatal di tenggorokan setelah memakannya. Padahal buah nanas ternyata mengandung banyak nutrisi dan manfaat kesehatan di dalamnya. Salah satunya adalah kemampuannya untuk meredakan batuk yang ternyata lebih ampuh dari sirup obat batuk.
Nanas mengandung enzim bernama bromelain yang diketahui bisa mengurangi peradangan yang bisa memicu arthritis, kanker, penyakit jantung, dan peradangan lainnya dalam tubuh. Bromelain juga membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi gejala penyakit angina. Selain itu, bromelain juga bisa mengurangi lendir yang dimiliki oleh pasien tuberkulosis (TBC).
Bromelin paling banyak terkandung pada batang dan bagian bawah nanas yang cukup keras. Dengan membuat bagian tersebut menjadi jus, Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan di dalamnya. Menggunakan nanas segar lebih baik dibandingkan dengan nanas yang sudah diolah atau dimasak, seperti dilansir oleh Daily Health Post (04/08).
Nanas mengandung nutrisi yang sangat hebat. Beberapa di antaranya adalah vitamin C, B, potasium, kalsium, vitamin A, zat besi, mangan, dan beta-karoten. Vitamin C di dalamnya akan sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi serta penyakit. Potasium juga penting untuk menjaga kesehatan saraf, otot, dan tekanan darah, serta kesehatan sel dalam tubuh.
Nanas juga mengandung antioksidan yang sangat efektif untuk menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan, serta mengobati infeksi saluran kemih.
Berikut adalah resep jus nanas yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan radang tenggorokan atau batuk.
Bahan:
1 cangkir jus nanas segar
1/4 cangkir jus lemon
1 potong jahe mentah
1 sendok makan madu mentah
1/2 sendok teh cayenne
Caranya:
Campur semua bahan, masukkan dalam blender dan campur hingga halus. Konsumsi 1/4 cangkir dua sampai tiga kali sehari. Anda bisa mendinginkan nanas di dalam lemari es karena ini tak akan mengurangi nutrisi di dalamnya.

Itulah nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari jus nanas dan resep yang isa Anda coba untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun karena nanas mengandung banyak potasium, sebaiknya Anda berhati-hati untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak.(merdeka/5/8/14)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s