Jauhkan 6 makanan ini dari Freezer

Jangan letakkan 6 makanan ini dalam freezer!

Aturan yang berlaku untuk semua makanan yang masuk dalam freezer adalah bahwa rasa makanan saat masuk tak akan sama dengan rasa ketika makanan dikeluarkan dari sana. Namun untuk beberapa makanan, kotak pembeku itu tak hanya akan mengubah rasa makanan, melainkan juga nutrisi yang ada di dalamnya.
Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak pernah Anda masukkan dalam freezer. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti dilansir oleh Women’s Health Mag (26/06).

1. Telur mentah
Telur mentah yang masih utuh dengan cangkangnya akan menjadi seperti bom bakteri jika diletakkan dalam freezer. Temperatur yang membeku akan membuat air dalam telur mengembang dan kemungkinan akan membuat cangkang telur retak. Apa yang terjadi selanjutnya, tentu Anda bisa menebak. Telur yang retak akan menyebabkan bakteri mudah masuk ke dalamnya. Namun jika telur tak retak pun, menaruhnya dalam freezer akan membuat telur tak lagi bisa dikonsumsi.

2. Sayur dan buah segar
Hindarkan makanan yang mengandung banyak air dari freezer, salah satunya adalah produk sayuran atau buah-buahan segar seperti semangka, apel, kentang, mentimun, dan lainnya. Ketika dimasukkan dalam freezer, air yang terkandung di dalamnya akan berubah menjadi es. Jika dikeluarkan, kemudian es tersebut mencair lagi dan membuat sayuran atau buah tak lagi segar.

3. Tanaman herba
Tak hanya sayur dan buah-buahan saja yang harus dihindarkan dari freezer, tanaman herba juga sama. Ketika dikeluarkan dari freezer, tanaman herba tersebut akan terlihat layu dan sudah tak layak dikonsumsi lagi.

4. Produk susu
Susu ataupun produk susu seperti keju, krim, dan yogurt juga memiliki masalah yang sama. Jangan letakkan makanan atau minuman ini di dalam freezer. Akan terjadi pemisahan pada produk tersebut antara air dengan zat yang ada di dalamnya. Sehingga ketika dikeluarkan, produk tersebut tak lagi bisa dikonsumsi.

5. Daging dan makanan laut
Memasukkan daging dan ikan laut ke freezer memang tak masalah. Namun jika Anda mengeluarkannya, mencairkannya, kemudian berniat memasukkannya lagi ke freezer, sebaiknya pikirkan lagi. Kegiatan membekukan, mencairkan, kemudian membekukan lagi ini akan memberikan kesempatan bakteri untuk tumbuh berkembang dan menyebar pada daging. Hal ini bisa meningkatkan risiko Anda terkena keracunan makanan.

6. Saus yang terbuat dari telur
Beberapa saus yang terbuat dari telur seperti mayonaise dan lainnya tak cocok dimasukkan dalam freezer. Selain mengubah rasanya, tekstur saus tersebut juga akan berubah dan tak lagi bisa dikonsumsi dengan baik.
Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dijauhkan dari freezer. Menjauhkan makanan tersebut dari freezer tak hanya bisa menyelamatkan rasa dan teksturnya, tetapi juga menjaga nutrisi dan mencegah munculnya bakteri yang bisa memicu keracunan makanan.(merdeka/18/8/14)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s