7 Macam Jenis Jilbab

Ini Dia Istilah dan Jenis Jilbab

SEPERTI firman Allah SWT dalam Al-Quran, wanita muslim wajib mengenakan jibab untuk menutup auratnya. Namun seiring berkembangnya zaman, jilbab yang digunakan memiliki istilah-istilah dan bentuk yang berbeda.  Di antaranya ada bentuk jilbab yang menutup seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Ada pula yang lebih dari itu, yaitu menutup seluruh tubuh juga wajah.

Berikut bentuk-bentuk jilbab itu:

 

1. Hijab 
Kata hijab berasal dari bahasa Arab tudung dan istilah ini digunakan untuk menggambarkan jilbab yang digunakan perempuan Muslim. Jilbab ini memiliki beragam gaya dan warna. Jenis jilbab ini banyak digunakan, termasuk di Barat berbentuk kain segi empat yang menutupi bagian kepala dan leher, sedangkan bagian muka terbuka.
2. Niqab
Niqab merupakan kain untuk menutupi bagian muka. Namun, area di sekitar mata masih tetap terlihat. Biasanya, digunakan untuk melengkapi jilbab.
3. Burqa
Dengan menggunakan burka, seorang perempuan Muslim menutup seluruh bagian wajah dan tubuhnya. Di bagian wajahnya, terdapat semacam kain kasa yang berfungsi untuk melihat.

4. Al-Amira
Jenis jilbab ini terdiri atas dua bagian, yaitu kain penutup kepala yang biasanya terbuat dari katun atau polyester dan kain yang menutup leher dan bagian dada. Al-Mira mirip atau sering disebut juga jilbab ninja.

5. Shayla 
Shayla berbentuk kain panjang berbentuk segi empat yang populer di wilayah Teluk. Kain ini menutup bagian kepala dan dilipat atau dikaitkan di bagian bahu.

6. Khimar
Khimar adalah jilbab yang berbentuk mantel tanpa lengan yang menjuntai ke bawah hingga di atas pinggang. Khimar yang dikenakan perempuan Muslim menutup rambut, leher, dan seluruh bagian bahunya, tetapi membiarkan bagian wajah tetap terbuka.

7. Chador
Biasanya, chador dipakai oleh perempuan-perempuan di Iran ketika mereka berada di luar rumah. Chador berbentuk jubah panjang yang menutup seluruh bagian tubuh. Sering kali perempuan yang mengenakan chador menggunakan jilbab kecil sebagai pelapis kedua di bawah chador.  [ds/islampos/alhabaib]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s