Tipe-Tipe Kepribadian

KAMU TERMASUK KEPRIBADIAN YANG MANA?

Secara umum, ada empat tipe kepribadian manusia yang mempengaruhi cara mereka dalam mengambil keputusan dan bersosialisasi dalam kehidupan sosial.

Berikut empat tipe kepribadian seperti dilansir Allwomanstalk.

Tipe Koleris
Orang-orang tipe ini biasanya adalah ekstrover (bersifat terbuka) dan ambisius. Mereka sangat mandiri dan percaya diri. Hampir semua tindakan mereka memiliki tujuan karena orientasi mereka adalah hasil. Sisi buruknya, orang-orang yang berkepribadian koleris tidak mudah berempati dan cenderung tak berbelas kasih. Sisi baiknya, orang berkarakter ini biasanya memiliki disiplin tinggi, dan tidak pernah mangkir dari tugas.

Tipe Sanguinis
Meski sama-sama ekstrover, tipe sanguinis memiliki sifat yang lebih hangat dibanding koleris. Orang-orang tipe ini juga sangat mudah bersosialisasi, bahkan mampu membuat orang yang baru saja diajak berkenalan merasa dekat. Orang-orang sanguinis adalah tipe yang suka bergaul dan spontan. Meski demikian, mereka bukan pengambil keputusan yang bijak, karena hampir semua keputusan mereka ambil dengan dilandasi emosi dan perasaan.

Plegmatis
Berbeda dengan dua tipe di atas, orang berkarakter plegmatis merupakan orang yang introver (bersifat tertutup). Soal hubungan, tipe plegmatis termasuk orang yang setia dalam hubungan percintaan maupun pertemanan. Ketulusan membuat aura baiknya terpancar jelas. Dalam urusan berpikir, mereka termasuk orang yang praktis dan konvensional. Tipe ini cenderung tenang dan bisa menguasai diri dengan baik. Karena itulah, perubahan emosinya jarang bisa terlihat. Meski demikian, orang berkarakter ini kebanyakan adalah orang yang enggan mengambil risiko.

Tipe Melankolis
Dibanding tipe lainnya, tipe melankolis adalah tipe yang paling baik. Orang tipe ini, biasanya memiliki kecerdasan dan estetika tinggi. Tipe melankolis adalah tipe pembelajar. Untuk beberapa kasus, mereka suka menganggap dirinya tak lebih banyak tahu dari orang lain. Padahal, mereka banyak memiliki pengetahuan. Perasaan mereka sangat sensitif. Karena itulah, orang-orang tipe ini memiliki intuisi kuat. Dalam kehidupan, banyak seniman memiliki tipe ini. (ros/metro)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s