Syekh Abdul Qodir Jaelany

SYEKH Abdul Qadir Jailani adalah seorang ulama sekaligus sufi yang terkenal di kalangan umat Islam. Karena keluasan ilmu dan kedekatan Syekh Abdul Qadir Jailani kepada Allah, banyak pengikutnya yang berlebih-lebihan dalam memuliakannya.

Dikisahkan, suatu hari Syekh Abdul Qadir Jailani melakukan perjalanan seorang diri. Dalam menempuh perjalanan di tengah pdang pasir yang panas ia mereasa kehausan. Namun, tiba-tiba ia melihat sebuah bejana dari perak berselimutkan awan di atasnya melayang di udara, lalu perlahan-lahan turun kepadanya.

Saat itu, diceritakan terdengar suara gaib dari angkasa, “Hai Abdul Qadir, minumlah isi bejana itu. Hari ini kami telah menghalalkan untukmu seluruh makanan dan minuman yang semula diharamkan. Dan telah aku gugurkan segala kewajibanmu untukku.”

Sebagai seorang yang arif, Syekh Abdul Qadir Jailani tahu bahwa suara gaib yang menyerupai wahyu itu hanyalah syaitan yang menggoda ketuguhan imannya. Ia pun marah sambil berkata: “Hai mal’un..! menyingkirlah kamu dari sini. Sesungguhnya aku tidaklah mulia dibandingkan Nabi Muhammad SAW di sisi Allah. Untuk Rasulullah saja tidak mungkin berlaku ketentuan semacam itu. Barang yang diharamkan oleh Allah selamanya tetaplah haram, dan kewajiban seorang hamba kepada-Nya tidak pernah diggugurkan, termasuk diriku.”

Mendengar ucuapan Syekh Abdul Qadir Jailani tersebut, syaitan pun lenyap sambil berkata, “Betapa kuat iman yang dimilikinya.”

Sumber:Iblispun Ingin Bertobat/karya: John Rinaldi ash-Shiddidqi/penerbit:insan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s