9 Konglomerat Sepuh

9 Konglomerat Sepuh Indonesia yang Hartanya Tak Habis-habis

Sebanyak 50 pengusaha nasional didaulat menjadi orang terkaya Indonesia pada 2013. Gelar disematkan berdasarkan kompilasi perhitungan harta kekayaan dari informasi keuangan, saham, analis, serta sumber-sumber lainnya. Deretan orang terkaya kali ini tersebar mulai dari kalangan muda hingga manula yang berusia diatas 80 tahun. Kiprah para miliarder sepuh di belantika bisnis  nasional memang belum sepenuhnya selesai. Meski secara perlahan sudah mengalihkan wewenang bisnisnya pada putra bahkan cucunya, para konglomerat sepuh ini seolah masih membayangi sebagai sosok di balik layar. Dikutip dari daftar Indonesia’s 50 Richest, setidaknya terdapat 9 dari 50 taipan kaya yang masuk kategori manula. Berusia di atas 80 tahun, para miliarder ini masih berperan penting dalam hidup mati bisnis yang dirintisnya. Berikut adalah orang terkaya dengan harta kekayaan berlimpah yang masih perkasa di masa tuanya:

1. Boenjamin SetiawanUsia: 80 tahunPeringkat Forbes 2013: 7Harta kekayaan: US$ 3 miliarSumber kekayaan: farmasi, warisanStatus: Menikah dengan dua anakLewat bendera perusahaan farmasi terbesarnya, Kalbe Farma, Boenjamin Setiawan dan keluarga mengumpulkan harta kekayaan. Bahkan perusahaannya ini telah berkembang ke Myanmar dan Vietnam. Kalbe Farma juga mulai memulai bisnis fasilitas onkologi di Jakarta. Dr Boen, yang saat ini telah memiliki rantai perusahaan rumah sakit sendiri, percaya sel induk (stem cells) merupakan masa depan dari industri kesehatan. Saat ini, Boen membagi harta kekayaannya dengan 4 orang kerabatnya

2. CiputraUsia: 82 tahunPeringkat Forbes 2013: 23Harta kekayaan: US$ 1,3 miliarSumber kekayaan: real estate, warisanStatus: menikah dengan 4 anakSuhu bidang properti di tanah air ini berangan-angan membangun kawasan belanja layaknya Orchard Singapura yang disiapkannya di Jalan Satrio Jakarta. Belum lama ini, Ciputra baru saja membuka sebuah kawasan terpadu seluas 123 ribu meter persegi terdiri dari mall, kantor, dan apartemen.

3. The Nin KingUsia: 82 tahunPeringkat Forbes: 45Harta kekayaan: US$ 650 jutaSumber kekayaan: Real estate, entrepreneurStatus: Menikah dengan 7 anakInilah salah satu miliarder baru yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia. The Nin King yang merupakan putra dari imigran asal provinsi Fujian China, merintis bisnisnya dengan membangun pabrik tekstil di Salatiga, Jawa Tengah pada 1961. Dari bisnis tekstil, The Nin King kemudian mendirikan Argo Pante sebagai induk usaha dari perusahaan tekstilnya. Kini, Nin King makin melebarkan bisnisnya dengan mengelola perusahan properti Alam Sutera Realty dan bisnis Rumah di Jakarta, dan pabrik baja.

4. Achmad HamamiUsia: 83 tahunPeringkat Forbes 2013: 18Harta kekayaan: US$ 1,5 miliarSumber kekayaan: Alat berat, bisnis sendiriStatus: menikah dengan 4 anakSebagian publik mungkin tak kenal dengan nama Achmad Hamami. Namun jika disebutkan alat berat bermerek Catterpillar, pasti banyak yang mengetahui. Inilah bisnis yang dijalani Hamami dengan menjadi distributor alat berat Catterpillar.Lewat bendera Trakindo Utama, Hamami membangun tahta kekayaannya. Namun kini Hamami mulai melirik bisnis keuangan dengan mengakuisisi Chandra Sakti Utama dari Standard Chartered. Belum lama ini, Hamami juga membeli perusahaan pembiayaan kredit kendaraan, HD Finance. Hamami menyerahkan urusan bisnisn pada putranya, Maki, setelah kehilangan penglihatan akibat serangan glukoma pada 1999. Hamami sebelumnya berprofesi sebagai pilot pesawat tempur dengan pangkat kolonel termuda di jajajaran militer Indonesia.

5. Kartini MuljadiUsia: 83 tahunPeringkat Forbes 2013: 19 Harta kekayaan: US$ 1,42 miliarSumber kekayaan: FarmasiStatus: menikah dengan 3 orang anakKartini Muljadi menjadi satu-satunya wanita dalam daftar orang terkaya Indonesia versi Forbes. Di usianya ini, Kartini masih menjalankan profesinya di perusahaan firma hukum, KartiniMuljadi & Rekan. Kartini saat ini menyerahkan pengelolaan bisnis keluargnya di bidang pembuatan obat, Tempo San, kepada putranya Handojo.

6. Mochtar RiadyUsia: 84 tahunPeringkat Forbes 2013: 9Harta KekayaanL US$ 2,5 miliarSumber kekayaan: konglomerasi bisnisStatus: Menikat dengan 6 anakSetelah terimbas krisis ekonomi pada akhir era 1990-an, Chairman Lippo Group, Mochtar Riady, untuk pertama kalinya masuk dalam jajaran 10 besar orang terkaya Indonesia. Lewat dua putranya Stephen yang mengelola bisnis di Singapura dan James di Jakarta, Lippo Group makin berkembang di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang tengah melambat. Perusahaan berambisi mengembangkan bisnis properti di dalam dan luar negeri. Keluarga Riady terakhir kali membuat gebrakan setelah mengakuisisi gedung tertinggi di California, Amerika Serikat, US Bank Tower berlokasi Los Angeles dengan akuisisi bernilai US$ 368 juta. Akuisisi dilakkan oleh unit bisnis propertinya di Singapura, Overseas Union Enterprises.Riady meniti bisnisnya dengan menjalankan usaha toko sepeda di Jawa Timur.

7. Lim Hariyanto Wijaya SarwonoUsia: 85 tahunPeringkat Forbes 2013: 32Harta kekayaan: US$ 940 jutaSumber kekayaan: kelapa sawitStatus: Menikah dengan 7 anakLim Hariyanto Wijaya Sarwono memulai debutnya sebagai orang terkaya Indonesia pada tahun lalu. Mencuatnya Lim Hariyanto terjadi setelah perusahaannya, Bumitama Agri melakukan IPO pada April 2012. Sayang, kekayaan Lim harus tergerus sehingga membuat posisinya di daftar orang terkaya melorot 9 peringkat. Lim yang merupakan imigran dari provinsi Fujian China, dikabarkan tertarik masuk bisnis tambang batu bara dan sekuritas. Orangtua Lim memulai bisnis dengan mendirikan toko kelontong kecil.

8. Harjo SutantoUsia: 87 tahunPeringkat Forbes 2013: 27Harta kekayaan: US$ 1,14 miliarSumber kekayaan: consummer goodStatus: menikah dengan 4 anakBisnis Wings Group membawa Harjo Sutanto menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Berduet bersama miliarder Eddy Katuari sebagai pembuat sabun cuci, Harjo Sutanto menawarkan produknya dari pintu ke pintu. Kini, sabun cucinya itu justru mengantarkannya menjadi orang terkaya Indonesia. Seiring berjalan waktu, Harjo Sutanto juga mulai merintis bisnis waralaba supermarket FamilyMart.

9. Eka Tjipta WidjajaUsia: 90 tahunPeringkat Forbes 2013: 2Harta kekayaan: US$ 7 miliarSumber kekayaan: Kelapa Sawit, properti, keuanganStatus: menikah dengan 15 anakLewat bendera Asia Pulp & paper, Eka Tjipta bertekad untuk mulai mengurangi pemotongan kayu dari hutan alam. Sementara pemasukan dari bisnis perkebunan kelapa sawit makin lewat Golden Agri Resources makin berkurang setelah jatuhnya harga komoditas. (Shd/Igw)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s