7 Fakta unik Kopi

7 Fakta Unik Kopi
By Dyah Puspita Wisnuwardani

Liputan6.com, Jakarta Kopi adalah minuman yang paling populer di dunia. Lebih dari 400 milyar cangkir kopi diminum oleh penduduk dunia setiap tahunnya. Tapi, seberapa kenalkah Anda dengan minuman beraroma khas ini?

Berikut fakta-fakta unik tentang kopi yang mungkin belum Anda ketahui, dilansir dari situs Thekitchn, Senin (11/5/2015).

1. Saat pagi hari, tubuh Anda tidak memerlukan kopi

Tubuh secara alami memproduksi kortisol, hormon yang berkaitan dengan kondisi terjaga, saat manusia bangun pagi. Artinya, jika Anda minum kopi di pagi hari, kafein tidak berpengaruh apa pun pada tubuh. Lalu kapan sebaiknya mengonsumsi kopi untuk mendapat efek kafein? Tunggu hingga matahari sedikit tinggi, saat jumlah kortisol tubuh menurun. 

2. Sebetulnya bukan kafein dari kopi yang Anda inginkan, melainkan efek kafein pada adenosine

Pernah berpikir mengapa kopi memberi perasaan tertentu setelah Anda meminumnya? Hal itu berkaitan dengan kondisi yang terjadi di otak. Saat otak aktif dan neuron dilepaskan, neuron-neuron ini juga memproduksi adenosine. Sistem syaraf Anda memonitor kadar adenosine. Ketika merasa kadar adenosine terasa meningkat, kerja otak menurun, menyebabkan mengantuk atau kinerja melambat. Tapi, karena kafein menempel pada reseptor adenosine , otak tidak bisa mendeteksi kadar adenosine hingga tetap berfungsi secara maksimal. 

3. Lebah madu juga menyukai kopi

Penelitian menunjukkan bahwa lebah madu tertarik pada kafein. Bahkan kafein berpengaruh positif terhadap memori jangka panjang lebah madu.

4. Astronot punya gelas spesial untuk minum kopi di luar angkasa

Ilmuwan dari Portland State University membuat gelas khusus bagi para astronot agar mereka tetap bisa menikmati kopi saat di luar angkasa. Tapi gelas kopi nol-gravitasi yang dicetak dengan mesin printer tiga dimensi ini sangat mahal, harganya sekitar 500 dollar per gelas.

5. `Caffeine naps` sangat efektif

Ingin mendapatkan manfaat maksimal dari tidur siang singkat Anda? Minumlah kopi sebelum tidur siang. Peneliti menemukan, minum kopi yang dilanjutkan dengan tidur siang selama 15 menit membuat orang merasa sangat terjaga setelahnya.

6. Suara bising di kedai kopi meningkatkan kreativitas

Suasana ramai terbukti secara positif meningkatkan kreativitas. Itu alasannya kenapa Anda bisa sangat produktif jika `menumpang` menyelesaikan pekerjaan di kedai kopi. 

7. Kopi hitam lebih mudah tumpah dibandingkan bir

Pernah coba menyajikan secangkir penuh kopi hitam? Sulit untuk menjaganya agar tak tumpah ke salah satu sisi, bukan? Peneliti membuktikan, bir cenderung tidak mudah tumpah dibanding kopi karena mengandung busa. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s