Cara Mudah Hafal Kosakata Bahasa Inggris

Tips Menghafal Kosakata Bahasa Inggris « Islampos

Salah satu bahasa yang harus dikuasai saat ini adalah bahasa inggris. Kenapa? Karena bahasa merupakan alat komunikasi yang menyebabkan setiap warga yang berbeda negara saling mengenal satu sama lain.

Hal pertama yang harus dikuasai dalam bahasa inggris adalah menguasai kosakata dalam jumlah banyak.
Berikut ini ada beberapa tips menarik agar Anda bisa menghafal kosakata bahasa inggris.

1. Pertama, ada baiknya anda mencari di kamus dan menghafal kosakata dari benda-benda yang sering anda temui setiap hari, misalnya sendok, piring, baju, celana, sepatu, motor, mobil, dan benda-benda lain yang sering anda temui setiap hari. Dengan cara ini anda akan lebih mudah mengingat dan menghafalkan nama benda-benda tersebut dalam bahasa Inggris, karena sering anda lihat dan anda gunakan.

2. Setelah menghafal dan mengingat nama benda yang sering anda temui setiap hari dalam bahasa Inggris, sekarang anda bisa membuat tempelan kertas yang bertuliskan kosakata bahasa Inggris beserta artinya dalam bahasa Indonesia. Sebaiknya tempelkan di dinding kamar anda, dibagian atas atau samping, dengan cara ini anda akan sering melihat dan akan mengingatnya dengan cepat.

3. Tidak perlu terlalu terburu-buru dalam menghafal kosakata, cukup hafalkan 10-20 kosakata setiap hari, diluar dari tempelan kertas pada cara ke-2 di atas. Dalam hal ini ada baiknya anda membuat kategori hafalan kosakata anda, misalnya kategori kendaraan, seperti mobil, motor, pesawat, dll. atau kategori hewan, misalnya, kucing, kelinci, sapi, dll.

4. Belilah kamus saku yang bisa dibawa kemana-mana, tujuannya adalah ketika anda dalam perjalanan dan melihat sebuah benda, anda langsung bisa melihat kamus anda dan mencari tahu nama benda tersebut dalam bahasa Inggris.

5. Dalam menghafal kosakata anda harus memulai dari hal-hal yang paling dekat, yaitu seperti benda (poin 1), kosakata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari (misalnya, dimana = Where), nama hewan, dan yang lainnya yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-harinya.

6. Sikap konsisten dan disiplin sangat diperlukan dalam menghafalkan kosakata, anda harus menjadwalkan apa yang harus anda hafalkan setiap hari dan berapa jumlahnya, misalnya Anda akan menghafal 20 kosakata setiap hari dengan kategori kata sifat, maka anda harus konsisten dan melakukan cara ini setiap hari dengan jumlah kosa kata yang sama.

Sebetulnya setiap orang bisa membuat metode yang pas untuk mereka pakai sendiri. Tips diatas bisa dijadikan sebagai acuannya. [fha/islampos/cbc]

Redaktur: Eva Fatmah Hasan

http://www.islampos.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s